Manajemen Sumberdaya Manusia

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Deskripsi

Matakuliah Manajemen SDM terdiri dari perkuliahan kuliah 6 sks yang diadakan di kelas. Dalam kuliah akan dibahas tentang konsep-konsep pengelolaalan sumberdayamanusia dalamkonteks dunia global yang kompleks, dinamisdan selaluberubah. Materi pembahasan ditekankan pada konsep dan praktek, yakni mencakup pemahaman akan perilakuindividu, perilaku kelompok, perilaku organisasi serta fungsi-fungsi pengelolaanSDM organisasi. Fungsi-fungsimanajemen sumberdaya manusia tersebut memberikan rerangka dalam menganalisis dan memahami sifat dasarpekerjaan dan keberhasilan pengelolaan sumberdaya manusia, serta informasi yang dapat digunakan untukmeningkatkan kinerja fungsi-fungsi manajerial dalam mengelola organisasi yang semakin kompetitif.Proses perkuliahan dalam satu semester akan dilaksanakan dalam 16 minggu(2 kali seminggu), yang terdiri dari kontrak perkuliahan yang dilakukan diminggu pertama, ujian tengah semester dan ujian akhirsemester, serta 13minggu tatap muka(jadi ada28tatap muka masing-masing 150 menit). Evaluasi hasil belajar dengan: tugas melalui daring ( e-learning) , tugas di kelas dan di lapangan, kuis/responsi,pembuatan paper, serta beberapa kali ujian kompetensi. Dalam proses ini evaluasi belajar dilakukan secara kelompokmaupun mandiri.Mata kuliah ManajemenSDM merupakan mata kuliah Dasar Keahlian yang wajib ditempuh oleh semua mahasiswaProgram Studi Manajemen. Mata Kuliah Manajemen Sumberdaya Manusia merupakan mata kuliah dasar keahlian . Mata kuliah Manajemen SDM memberikan pondasi awal bagi mahasiswamanajemen dalam memahami konsep dan prinsip dalam pengelolaan sumberdayamanusia oranisasi. Oleh karena itu pemahaman konsep yang benar dan disertaidengan sikap perilaku yang matang dan soft skill yang cukup akan sangatmendukung proses belajar mahasiswa di semester-semester berikutnya.

Pemula Menengah Mahir

Capaian Mata Kuliah

NOUnsur Capaian PembelajaranCP-1Menjelaskan perubahan pendekatan dalam mempelajari manusiaCP-2Menjelaskan konsep dasar perilaku manusisCP 3Menjelaskan konsep dasar Perilaku KelompokCP-4Menjelaskan konsep perilaku OrganisaisCP-5Menjelaskan konsep pengelolaan SDM (Manajemen SDM Fungsi Perencanaan dan Pengadaan SDM)CP-6Menjelaskan konsep pengelolaan SDM (Manajemen SDM fungsi Pengembangan SDM dan Compensasi)

Pokok Bahasan

BABAKMateri Kompetensi / Bahan KajianMateri Kuliah/Sub Bahan Kajian1Pendahuluan2Perilaku Individual1. Persepsi2. Sikap3. Pembelajaran4. Kemampuan 5. Kepribadian6. Motivasi3Perilaku Kelompok1. Influence2. Power3. WWO-WWA4. Kepemimpinan4Perilaku Organisasi1. Budaya dan Inovasi2. Perubahan Organisasi5Manajemen SDM1. Perencanaa SDM2. Pengadaan SDM3. Penilaian KInerja4. Pelatihan dan pengembang SDM5. Kompensasi dan Benefit6. QWL

Course

Durasi Kuliah
Instructor: Isthofaina Asyuty
Max. students: 100
Attending: 0


Isthofaina Asyuty

Biography